TANJUNG BIRA


Pantai Pasir Putih-Tanjung Bira atau lebih dikenal dengan Tanjung Bira saja, merupakan pantai dengan pasir putih yang cantik nan elok. Airnya yang jernih menjadikan daya tarik tersendiri saat kita berenang atau berjemur disana. Di pantai ini, kita dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dengan sinar keemasan yang berkilau membelah hamparan air laut di sepanjang pantai. Menariknya, pemandangan seperti itu bisa kita nikmati di satu posisi yang sama. Tidak hanya itu,  pemandangan laut yang luas tanpa bebatuan ataupun karang, membuat kita merasa seolah berada di kolam renang raksasa dengan air laut yang biru dan jernih.

Bermain-bermain dengan pasir di sekitar pantai terasa sangat menyenangkan. Namun, lebih menyenangkan lagi pada saat Anda berenang dan bermain air di pinggir pantai. Ombak-ombak kecil akan menemani kegiatan berenang Anda. Snorkling dan diving untuk bertemu dengan ikan-ikan laut, bintang laut dan terumbu-terumbu karang yang cantik akan menambah cerita eksotik perjalanan Anda. Tanjung Bira adalah tempat yang sangat indah dan menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan manca negara dan domestik. 

                Pantai Bira sebenarnya sudah terkenal sampai ke mancanegara. Saat inipun pemerintah sudah menata dan mengelolanya secara apik sehingga menjadi kawasan wisata yang layak untuk dijadikan andalan tujuan wisata propinsi Sulawesi Selatan. Berbagai sarana dan prasarana sudah disediakan oleh pemerintah Sulawesi Selatan untuk menambah kenyamanan bagi pengunjung, seperti perhotelan, restoran, serta sarana telekomunikasi.


Pantai Bira, terletak sekitar 40 km ke arah timur dari Kota Bulukumba. Untuk menuju ke sana kita harus melalui pelabuhan penyeberangan ferry yang menghubungkan daratan Sulawesi Selatan dengan Pulau Selayar. Sementara Tanjung Bira sendiri terletak di daerah ujung paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari,  Kabupaten Bulukumba. Atau 200 km dari Kota Makassar.

Kalau Anda memulai perjalanan dari Kota Makassar, Kota Bulukumba dapat kita tempuh dengan menggunakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther atau Innova dengan tarif sebesar Rp. 40.000,-. Mobil-mobil ini bisa kita temukan di terminal Malengkeri, Kota Makassar. Biasanya mereka memang tidak dilengkapi dengan kode trayek atau jurusan. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, sekalipun tidak ada kode trayeknya, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan mobil sesuai tujuan. Karena biasanya para sopir akan meneriakkan kota-kota tujuannya.

Selanjutnya, dari Kota Bulukumba ke Tanjung Bira dapat ditempuh dengan menggunakan mobil  “pete-pete” sebutan untuk mikrolet di Sulawesi Selatan dengan tarif berkisar antara Rp. 8.000,- sampai Rp.  10.000,-. Total waktu perjalanan dari Kota Makassar ke Tanjung Bira sekitar 3 sampai 3,5 jam.

Sementara untuk Anda yang berangkat dari Bandara Hasanuddin, bisa langsung menuju ke terminal Malengkeri di Kota Makassar dengan menggunakan taksi, tarifnya sekitar Rp. 40.000,-. Di terminal ini, kita bisa naik mobil dengan tujuan Bulukumba atau naik bus yang langsung ke Tanjung Bira. Mengingat perjalanan ke Bulukumba perlu waktu yang panjang, sebaiknya berangkat dari terminal Malengkeri pagi hari, supaya kita punya cukup waktu untuk menikmati Tanjung Bira. Selain itu perjalanan di pagi hari bisa menghindarkan Anda dari suhu panas Kota Makassar yang memang terkenal menyengat.

Biaya tiket masuk ke lokasi Pantai Tanjung  Bira sebesar Rp. 5.000,-. Tidak perlu khawatir soal kenyamanan, karena kawasan wisata Pantai Tanjung Bira sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti restoran, penginapan, villa, bungalow, dan hotel dengan tarif mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 600.000,-  per hari. Di tempat ini juga terdapat persewaan perlengkapan diving dan snorkling dengan tarif Rp. 30.000,-. Bagi pengunjung yang selesai berenang di pantai, disediakan kamar mandi umum dan air tawar untuk membersihkan pasir dan air laut  yang masih lengket di badan. Fasilitas yang akan membuat Anda betah menikmati pesona Tanjung Bira.

Sementara bagi pengunjung yang masih ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia persewaan motor dengan tarif Rp. 65.000,- per hari. Di kawasan pantai  ini juga terdapat pelabuhan kapal ferry yang siap mengantarkan pengunjung yang ingin berwisata selam ke Pulau Selayar. Tapi kalau Anda menginginkan kembali ke Kota Makassar pada sore itu juga, di sana  tersedia mobil carteran atau sewaan dengan tarif Rp. 500.000,- karena angkutan umum dari Bira ke Kota Makassar pada sore hari sulit ditemukan dan bahkan mungkin tidak ada.

Daya tarik lain dari Pantai Tanjung Bira selain pemandangan yang sangat indah dan  memukau, juga pasir putihnya yang lembut seperti tepung terigu. Anda tidak akan merasakan sakit di kaki ketika berjalan-jalan menyusuri bibir pantai, justru kelembutan pasir-pasir inilah yang merasuk melalui sela-sela jari kaki dan memberikan sensansi tersendiri saat menikmati pasir pantai dengan kaki telanjang. Kalau Anda menggenggam dan meniupnya, pasir-pasir itu akan berterbangan seperti debu.

Masih belum cukup dengan itu semua, jangan khawatir. Di Tanjung Bira, Anda pun akan disuguhi keindahan dua pulau yang ada di depan pantai ini, yaitu Pulau Liukang dan Pulau  Kambing. Pulau Kambing memiliki pesona bawah laut yang eksotis. Kehidupan bawah laut di Pulau Kambing sangat indah dan alami. Kejernihan dan birunya air laut tidak kalah cantik dengan Tanjung Bira. Diving adalah kegiatan yang wajib Anda lakukan di Pulau Kambing. Untuk menuju Pulau Kambing Anda bisa menyewa kapal dengan harga sekitar Rp 250.000,-. Kapal ini bisa diisi oleh 8-10 orang, dengan demikinan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Soal makanan Anda tidak perlu bingung karena di tepi pantai banyak terdapat warung-warung dan restoran yang menjual makanan atau minuman. Anda tinggal pilih mau makan dimana, sesuaikan dengan isi kantong. Untuk menghindari pemalakan harga mengingat Anda adalah pengunjung disini, tidak ada salahnya sebelum memutuskan untuk memesan Anda bertanya berapa harga makanan pada pedagang atau pelayan restoran. Karena tidak semua warung mencantumkan harga pada menu mereka.

Tidak ada alasan lagi untuk menunda kunjungan Anda ke Tanjung Bira yang merupakan surganya pantai di Indonesia. Tanjung Bira akan menyambut kedatangan Anda dengan keindahan alam dan jernihnya air laut serta lembutnya pasir pantai yang tidak mudah untuk dilupakan. Bisa jadi malah membuat Anda ketagihan untuk datang kembali.

Komentar

  1. Daftar tempat wisata dan artikel wisata dapat anda baca di wistaindonesiaraya.com
    Daftar batik yang ada di Indonesia dan artikel tentang batik dapat anda baca di tentangbatik.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer