PELIT dan IRIT yang Beda TIPIS

Aku dan batik jarik 

Pelit atau irit? Kata ini rasanya beda-beda tipis. Orang yang irit terlihat pelit dan orang pelit untuk irit. Dan saya bisa jadi termasuk keduanya.

Yup! Saya tergolong orang yang sangat berhitung soal uang. Prinsip saya, sebisa mungkin memanfaatkan apa yang sudah ada sampai titik darah penghabisan, setelah benar-benar aus baru beli yang baru. Setidaknya uang terbelanjakan sesuai kebutuhan.
Dengan begitu uang yang sudah terkumpul bisa untuk travelling, hahaha!
Saking hematnya, sampai-sampai saya harus kreatif. Sebut saja soal fashion. Kecenderungan perempuan boros banget soal fashion. Mereka bisa beli baju seminggu sekali, beli alas kaki 2 bulan sekali. Belum lagi kalau ada kondangan, kadang masih beli gaun lagi. Bisa dibayangkan berapa rupiah yang dikeluarkan, padahal tidak semuanya dipakai. Malah ada yang dipakai 3 bulan kemudian atau malah ada yang lupa kalau punya.
Belajar dari kebiasaan orang lain, akhirnya saya pun beride untuk mix and match baju-baju saya. Tetap keluar uang sih, tapi tidak sebanyak untuk beli baju baru. Paling yang sibuk penjahit langganan.
Kenapa dia yang sibuk? Iya soalnya saya nggak bisa menjahit. Sementara saya suka sekali modifikasi baju lama saya biar keliatan baru. Gampang aja, dari baju lama ambil bagian yang paling disukai, potong sesuai ukuran badan lalu dijahit sesuai model baru yang kita inginkan.
Apakah hanya baju saja? Tidak, sepatu juga. Sepatu lama biar kelihatan beda biasanya saya tambahin kancing baju atau pita-pita. Saat dipakai jadi kelihatan beda dibanding dengan milik teman-teman yang lain.
Sampai-sampai sahabat saya pas main ke kos bilang sambil nunjuk dress batik, "hebat ya kamu bisa modifikasi semua ini, tapi kayaknya emakmu pasti ngomel nggak karuan nih."
"Eh, iya si emak ngomel waktu itu karena tahu-tahu jarik batiknya sudah jadi dress ini. Habis dia suka banget beli jarik padahal si emak nggak pake jarik."
"Dasar, kamu mah kreatif kebablasan. Sampe semua dimixing"
Hahahaha, siapa suruh beli jarik tapi gak dipakai. Anaknya hemat kok emaknya boros. Edisi membela diri karena sudah ngembat jarik si emak.

Komentar

Postingan Populer