Jangan Takut Berbisnis Online
Perkembangan dunia internet yang semakin cepat nyaris tak
terbendung memberikan dampak negatif dan positif. Bagi sebagian orang dampak
negatifnya sudah sampai pada tahap mengkhawatirkan terutama bagi anak-anak.
Maraknya game online, situs porno hingga penculikan yang bermula dari jejaring
sosial. Alhasil sebagian orang tua menjadi sangat protektif pada anak-anaknya.
Meski begitu kita tidak bisa menutup mata dengan dampak positifnya terutama
dalam dunia bisnis. Banyak inspirasi usaha yang saat ini memanfaatkan internet.
Sebut saja online shop.
Hampir bisa dipastikan semua barang maupun jasa bisa dipasarkan melalui online shop. Dengan sistem yang mudah dan tidak merepotkan, pembeli cukup memilih barang atau jasa yang diinginkan kemudian transfer ke penjual atau vendor, barang dikirim selesai. Namun apakah cukup seperti ini saja transaksinya? Tidak! Market dari online shop ini biasanya orang-orang dengan sosial ekonomi menengah ke atas yang well educated, familiar dengan gadget dan internet serta memiliki gaya hidup dan kesibukan yang membuat mereka tidak memiliki banyak waktu untuk belanja offline. Karena itu kepuasan pelanggan adalah tujuan utama bisnis ini.
Keuntungan dari bisnis online bisa mencapai 20% - 30% dari
modal. Jadi jangan heran bila persaingan di bisnis ini sangat kompetitif dan membutuhkan
strategi untuk mempertahankan pelanggan masing-masing. Berbagai program promo
dan diskon pun digelar demi mendapatkan loyalitas pelanggan, standart pelayanan
pun dinaikkan untuk memuaskan konsumen. Dan karena bisnis online shop ini tidak
bisa berdiri sendiri, diperlukan dukungan dan pihak-pihak tertentu untuk
memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan.
1.
Supplier
adalah pihak penyedia barang/jasa yang dipasarkan. Pilih supplier yang
terpercaya dan memiliki track record bagus. Memiliki barang yang ready dan
berkualitas. Sebaiknya memiliki beberapa supplier agar barang/jasa yang
ditawarkan lebih bervariasi. Harapannya bisa menjaring konsumen lebih banyak.
2.
Ekspedisi
sebagai mitra kerja untuk mengirimkan barang ke konsumen. Mengingat saat ini
banyak sekali perusahaan ekspedisi dengan harga bersaing, sebaiknya tidak
tergantung pada satu ekspedisi saja. Dengan luasnya wilayah Indonesia akan
lebih memudahkan pengiriman bila kita bekerja sama dengan beberapa ekspedisi
karena tidak semua daerah bisa dijangkau oleh satu ekspedisi. Simpanlah resi
pengiriman untuk memudahkan pelacakan bila ada keterlambatan/kehilangan karena
penggantian klaim biasanya hanya sebesar 10 kali dari biaya pengiriman.
3.
Bank
sebagai sarana pembayaran. Memiliki beberapa account bank yang sudah familiar
digunakan akan membantu proses pembayaran karena tidak semua konsumen memiliki
rekening di bank yang sama dengan online shop. Dengan memiliki beberapa account
bank selain memudahkan cara pembayaran juga membuat nyaman customer karena
mereka tidak perlu menambah biaya transfer antar bank akibat account bank yang
berbeda.
Saat ini hampir semua supplier
melayani dropship dimana supplier yang mengirimkan barang pesanan ke customer.
Untuk layanan dropship sebaiknya tetap meminta no. resi pengiriman dari
supplier karena bila terjadi keterlambatan customer akan menghubungi Anda
sehingga bisa membantu melacaknya. Tidak menutup kemungkinan beberapa customer
Anda ingin menjadi reseller dan mereka bisa juga meminta bantuan untuk
mengirimkan barang pesanannya ke customer mereka. Dalam hal ini Anda juga harus
memberikan no. resi ke reseller agar bisa sama-sama membantu pelacakan kiriman.
Dalam dunia usaha tidak semua berjalan
lancar, begitu juga dengan online shop. Meskipun barang baru akan dikirim
setelah customer transfer tidak menutup kemungkinan tetap ada customer yang
tiba-tiba membatalkan transaksi. Bila ini terjadi tidak perlu panik atau kecewa
karena Anda sudah membayar ke supplier. Bila mengalami kejadian seperti ini ada
beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap membuat barang Anda terjual,
antara lain :
1.
Memposting
ulang barang-barang yang sudah tersedia di website maupun jejaring sosial yang
Anda gunakan untuk online shop.
2.
Memberikan
diskon pada barang tersebut untuk menarik customer.
3.
Anda
juga bisa membuat program cuci gudang di online shop sendiri agar barang tidak
menumpuk sebagai stok.
4.
Bila
ada bazaar di daerah Anda tidak ada salahnya untuk berpartisipasi karena ini
akan membuat Anda lebih mengenal langsung customer.
5.
Barang-barang
yang sudah lama tidak keluar dari keranjang stok ini bisa juga dijadikan hadiah
bagi customer loyal sebagai ucapan terima kasih.
6.
Bila
Anda melakukan promo ke media cetak/radio bisa juga dijadikan hadiah untuk
pembaca/pendengar.
Agar bisnis online Anda tetap eksis
perluas hubungan dengan lingkungan sekitar atau bergabung dengan komunitas. Komunitas
akan membantu Anda untuk mendapatkan segmen karena biasanya setiap komunitas memiliki
leader dan trendsetter yang dari sini bisa dijaring sebagai konsumen. Tidak perlu
merasa malu sekalipun menjadi pendatang baru, segera menyesuaikan diri dengan komunitas
akan membuat mereka lebih mudah menerima Anda.
Foto by WOSCA, komunitas online Surabaya |
Jangan takut saat akan memulai sebuah
bisnis, karena bisnis tidak hanya tergantung pada modal tapi pada niat untuk
mengerjakannya.
LuckyLand Casino Resort - Jackson County, MS - KTM Hub
BalasHapusLuckyLand Casino Resort is a 3,000 충청북도 출장샵 foot casino floor located just 20 진주 출장샵 minutes from the Mississippi 익산 출장샵 River. 강원도 출장샵 Guests 보령 출장마사지 can enjoy a swim in front of the casino's