Cat Is A Friend

Kucing adalah sahabat. Sengaja saya memberikan predikat ini padanya, meski hingga kini masih banyak juga kucing yang mengambil makanan meskipun dia sudah diberi makan. Predikat sahabat ini tidak berlebihan untuk binatang lucu seperti kucing. Meski tidak memelihara kucing dalam jumlah banyak tapi sebisa mungkin untuk tidak menyakiti mereka karena saya percaya kucing juga punya perasaan. Kalau kita sayang mereka juga pasti sayang.


Seringkali saya kesal dengan mereka yang kasar memperlakukan kucing-kucingnya, sekalipun itu piaraan mereka. Apa gunanya piara kalau masih kasar. Biasanya mereka kasar karena kucing ini "nyolong" lauk atau kurang sopan seperti naik-naik ke meja makan. Perilaku kurang sopan kucing ini sebenarnya bisa diminimalkan dengan selalu menurunkan mereka saat mulai naik ke atas, bukan dengan memukulnya. Saat memukulnya berarti kita menyakitinya dan ini akan membuat mereka membuat sebuah pertahanan maupun perlawanan karena dianggap sebagai ancaman. Akibatnya kucing tetap berpikir untuk naik ke meja bila kita tidak ada atau kalau pun naik dan ketahuan mereka akan langsung turun.

Temtu akan sangat berbeda bila kita menurunkannya saat dia mulai naik dan menasehatinya. Memang butuh waktu untuk membuat para kucing ini mengerti tapi setidaknya dengan selalu menurunkannya itu akan menjadi peringatan yang berujung pengertian bagi mereka, dimana kucing ini akan paham bila dia tidak boleh naik ke meja karena selalu diturunkan kembali.

Lazimnya makhluk hidup, gerak-gerik kucing seringkali lucu dan menggemaskan dan kita akan tergoda untuk bermain dengannya. Terlalu asyik bermain, tidak jarang kita lupa untuk memberi makan atau mengistirahatkan mereka. Saat lapar dan capek tapi masih terus diajak bermain ini juga akan membuat kucing menjadi geram dan tiba-tiba galak. Jadi sebaiknya bermain secukupnya agar mereka juga bisa istirahat cukup.

Sebisa mungkin menghindari untuk memukul atau bersikap kasar pada mereka karena ini akan membuat mereka juga bersikap yang sama pada kita meski maksud mereka ingin menunjukkan kalau dia sayang pada kita. Memberikan cinta yang halus dan tidak memaksa itu akan membuat mereka nyaman bersama kita dan membalas cinta kita dengan halus pula.



Komentar

  1. Wihh yg sayang bgt sama kucing. Aku dulu juga pernah beberapa kali piara kucing. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5 tahun terakhir ini piara kucing terus, 2 kucing rumahan dan 2 kucing liar, kadang kucing liarnya nambah .... mereka suka datang nggak tentu

      Hapus
  2. ada bakat ngelatih kucing neh kayaknya :)
    buset postingan bulan juli, ini blog udah banyak sarang laba2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kucing kl dirawat dan disayang, mereka bisa mengerti kok ... :)

      Hapus
  3. Kuciiiiing....meoooong.....hehehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer