MAU BELI ASURANSI? PAHAMI DULU KONSEPNYA

Kesel nggak sih kalau tiap hari didatangi atau ditelpon agen asuransi? Apalagi kalau si agen ini teman sendiri, rasanya lidah jadi kelu untuk mencari alasan. Sementara, kita sendiri merasa belum perlu atau tidak perlu bahkan tidak percaya asuransi. 

Beragam alasan orang tidak percaya asuransi, bisa karena agen yang menangani polisnya kurang profesional, bisa juga karena salah memilih produk, jadi tidak bisa maksimal mendapatkan manfaatnya yang ujung-ujungnya jadi buang-buang uang. 
Sebelum terlanjur membeli produk asuransi ada baiknya dipahami dulu konsep-konsepnya sehingga kita tidak salah membeli produk sehingga bisa memaksimalkan manfaatnya. Terlebih lagi kita tetap bisa bersahabat dengan agen asuransi. 

Konsep-konsep dasar yang harus diperhatikan sebelum membeli produk asuransi: 

1. Konsep Hutang

Tidak sedikit dari kita terlibat dengan hutang-piutang baik pada bank karena kita menggunakan kartu kredit maupun hutang cicilan rumah dan hutang individu pada teman atau saudara. Hutang-hutang ini ada yang jangka pendek dan jangka panjang, sementara panjangnya usia kita tidak ada yang tahu. Syukur-syukur usia kita panjang sehingga bisa melunasi hutang kita, bagaimana bila usia kita pendek? Akankah kita meninggalkan hutang pada keturunan kita? Untuk itu milikilah asuransi dengan uang pertanggungan senilai hutang kita sehingga pada saat kita menninggal uang pertanggungan ini bisa digunakan ahli waris untuk melunasi hutang-hutang yang kita tinggalkan.


2. Konsep Perlindungan Aset
 
Kita tahu semua aset yang dimiliki saat ini nilainya akan berubah seiring berjalannya waktu. Ada aset yang mengalami penurunan seperti otomotif dan elektronik, sementara itu ada yang cenderung terus naik seperti property. Untuk itu miliki asuransi yang bisa menjaga nilai aset kita. Beberapa produk asuransi memberikan keuntungan hasil investasi yang nilai bisa menutupi penurunan aset sehingga standart hidup kita tidak akan menurun meskipun produktivitas kita menurun dimakan usia dan inflasi. 

3. Konsep Pendidikan

Pendidikan sampai kapan pun akan menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi dan tidak bisa ditunda. Bisa dibayangkan bagaimana nasib anak-anak kita bila tanpa pendidikan karena itu pendidikan menjadi hal yang harus disiapkan orang tua. Saat inipun banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan. Bila saat ini kita belum memiliki dana sebesar yang dibutuhkan ada baiknya memiliki asuransi untuk persiapan pendidikan anak-anak kelak. 


4. Konsep Perlindungan Penyakit Kritis 

Gaya hidup masa kini dan stress karena pekerjaan yang menumpuk membuat kita sering tidak sempat olahraga dan makan sembarangan. Alih-alih hidup sehat malah penyakit yang datang, celakanya penyakit jaman sekarang gak pilih-pilih. Banyak yang masih dalam usia produktif justru mengidap penyakit kritis seperti kanker, stroke, ginjal dan lain-lain. Tidak ada salahnya memiliki asuransi yang memberikan penggantian untuk perawatan penyakit kritis karena saat ini pengobatan terhadap penyakit kritis sudah menjadi manfaat yang diprioritaskan oleh perusahaan asuransi. Jadi jangan sampai gara-gara penyakit kritis hidup kita makin kronis alias miskin karena harus mengeluarkan banyak uang untuk berobat.

Masih kesel ditelpon agen asuransi? Jangan buru-buru menghindar kalau mereka datang, sampaikan apa yang menjadi kekhawatiran hidup kita dan mereka akan memberikan solusi terbaik.

Komentar

Postingan Populer