VOUCHER BELANJA BIKIN HEMAT ATAU MALAH BOROS


Horeeee ....!!! Dapat hadiah. Siapapun orangnya pasti suka dapat hadiah apalagi kalau hadiahnya voucher belanja. Tapi apakah voucher belanja ini menjadi hadiah yang benar-benar bermanfaat bagi kita, atau justru voucher belanja inilah yang mendorong kita melakukan pemborosan? Mari kita cek syarat dan ketentuan berlakunya:

1. Berlaku pada toko, supermarket dan departement store tertentu.
Dalam penggunaannya voucher belanja selalu mencantumkan hanya berlaku di toko, supermarket dan departement store tertentu. Ini artinya kita tidak bisa membelanjakan di sembarang tempat. Bisa jadi voucher ini tidak berlaku di tempat biasa kita belanja.

 2. Masa kadaluwarsa.
Voucher belanja memiliki masa kadaluwarsa artinya melewati waktu yang ditentukan voucher ini tidak berlaku lagi, biasanya ini terdapat pada voucher makan. Restoran atau cafe memperbolehkan pelanggan menggunakan fasilitas voucher hanya pada jam-jam tertentu seperti jam makan siang. Meski begitu kita masih bisa menjumpai voucher belanja yang tanpa masa expired, seperti voucher belanja di toko buku maupun garment. Kebanyakan mereka sudah menghilangkan masa berlakunya jadi bisa digunakan kapan saja.

3. Tidak bisa diuangkan.
Voucher belanja merupakan alat pembayaran yang tidak bisa diuangkan artinya dalam pemakaiannya kita harus membelanjakan sejumlah nominal yang tertera pada voucher atau lebih, karena bila kurang dari nominal voucher maka pihak toko atau outlet tidak akan memberikan kembalian. Inilah yang akhirnya mendorong kita belanja lebih banyak sesuai atau melebihi nominal voucher.

4. Syarat berlakunya voucher.
Tidak semua voucher bisa langsung digunakan sebagai alat pembayaran pengganti uang. Beberapa departement store memberlakukan voucher sebagai alat pembayaran bila nilai belanja kita mencapai pada nominal tertentu. Ini artinya kita harus belanja dalam jumlah tertentu untuk menggunakan voucher belanja ini sebagai potongan harga yang harus dibayar padahal belum tentu kita membutuhkan semua barang belanjaan kita. Demi bisa terpakainya voucher belanja ini akhirnya kita malah mengeluarkan uang lebih banyak.

Nah, yakin voucher belanja bisa menghemat pengeluaran kita? Alih-alih menghemat, bila kita tidak jeli voucher belanja justru memancing kita untuk belanja lebih banyak. Mulai sekarang cermati voucher belanja Anda dan gunakan sesuai kebutuhan. Jangan mudah tergoda dengan nominal yang tertera pada voucher belanja. Cek syarat dan ketentuan berlakunya.

Komentar

  1. makasi banyak informasinya ya mak, kebetulan saya dapat hadiah voucher kali pertama, baru tau ternyata ada prasyaratnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir semua voucher memiliki syarat dan ketentuan berlakunya, jangan kalap aja waktu menggunakannya supaya tidak makin boros :) terima kasih sudah mampir ^_^

      Hapus
  2. Pernah voucherku aku jual. :D tapi pernah juga dipakai sesuai kebutuhan. Harga barang dipasin sama nominal voucher.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kita bisa kok menjual voucher ke agen voucher. Biasanya mereka akan menghargai voucher kita 20% lebih murah dari nominal yang tertera di voucher. Kalau untuk belanja memang harus ngepasin daripada nombok atau kurang, sayang kan? Makasih Ila, sudah mampir dan ninggalin jejak. Hahaha ....

      Hapus
  3. Iyaaaa.... dapat voucher malah doyan belanja ≥…< kudu sadar diri emang, hemat! Hemat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuullllll ..... *ngingetin diri sendiri* Ratu kuis thank you sudah mampiiirrrr .... :))))

      Hapus
  4. kalau aku dapat voucher belanja juga pasti pengen belanjain buruan biar ga kadaluwarsa hehe. tapi lebih enak kalau dapat uang tunai mba, bisa ditabung dan digunakan seperlunya aja dan kapan aja hehe salam knal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Voucher juga bisa diuangkan mbak ke agennya tapi dipotong 20% biasanya atau tergantung nego kita. kalau dibelanjakan sesuaikan dengan kebutuhan biar barangnya gak useless dan otomatis budget untuk belanjaan bisa ditabung untuk keperluan yang lain. Salam kenal kembali mbak Agustin ;-)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer