BERDAMAI DENGAN LINGKUNGAN BERSAMA BINATANG KESAYANGAN

Memiliki binatang piaraan bagi sebagian orang menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi,meski bagi yang lain hal ini bisa diabaikan. Selain menjadi kegemaran, beberapa penelitian menunjukkan memiliki binatang piaraan cukup ampuh untuk menjaga kesehatan. Sayangnya, tidak semua lingkungan bisa menerima kebiasaan kita memelihara binatang.

Tak jarang kita harus bersitegang dengan mereka yang menentang kebiasaan kita ini. Namun jangan buru-buru menyerah, bagi animal lover akan selalu ada cara untuk memenangkan lingkungan sehingga binatang kesayangan akan tetap bisa tinggal bersama kita.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar binatang kesayangan ini bisa diterima oleh lingkungan :

Bersihkan Kotorannya
Yang membuat orang enggan memelihara binatang biasanya kotoran, baik kotoran sisa makanan maupun kotoran dari binatang itu sendiri karena akan menimbulkan bau dan pemandangan yang kurang sedap. Sebaiknya untuk makanan, bisa dipilih makanan jadi yang menghasilkan sedikit sisa, namun bila tidak memungkinkan setelah kita membuat makanan untuk binatang kesayangan, segera bersihkan dan buang ke tempat sampah.

Sedangkan kotoran dari binatang, perlu disediakan tempat sendiri untuk pup dan pee. Sering-sering dibersihkan sehingga tidak menimbulkan bau yang mengganggu lingkungan. Dengan menyediakan tempat kotoran bagi binatang piaraan, ini juga membantu mereka untuk disiplin dan ini memudahkan kita dalam membersihkannya karena kotoran terkumpul di satu tempat.

Makanan
Beberapa binatang piaraan bisa mengkonsumsi makanan manusia seperti anjing dan kucing yang juga makan ikan. Seringkali orang lain menganggap kita berlebihan saat memberikan makanan seperti yang kita konsumsi sehari-hari dan ini memancing komentar yang kurang enak didengar. Untuk menghindari komentar negative, kita bisa menyiasati dengan membeli saat tidak ramai pengunjung atau bisa juga membelinya langsung ke pusat penjualan seperti pasar ikan. Selain lebih murah, orang-orang di tempat ini biasanya lebih cuek karena bagi mereka dagangannya laku.

Bisa juga membiasakan memberi makanan khusus untuk binatang piaran hasil keluaran pabrik, tentu saja untuk lebih amannya sebelum memberikannya kita bisa meminta referensi dari vet atau orang yang lebih berpengalaman.

Interaksi dengan lingkungan
Tak kenal maka tak sayang, ini berlaku juga pada hubungan antara manusia dengan binatang. Supaya orang-orang di sekitar kita terbiasa dengan binatang piaraan kita, boleh sewaktu-waktu mengajak mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan. Misalnya saat belanja kita bisa mengajak binatang kesayangan ini ikut serta, atau bisa juga diajak jalan-jalan keliling komplek tempat tinggal kita. Selain mengenalkan binatang kita pada lingkungan, bila mereka tersesat dan tetangga ada yang tahu, mereka akan lebih mudah mengabari kita.

Tetaplah ramah
Dengan bersikap ramah, orang lain akan merasa nyaman dengan keberadaan kita. Saat mereka nyaman dengan kita mereka juga akan lebih mudah untuk menerima binatang-binatang kesayangan kita.

Masih ragu untuk piara binatang? Hari-hari akan penuh warna dengan kehadiran 

Komentar

  1. pernah sih punya kucing,, kangen juga tapi sekarang udah gak ada,, :j:
    susahnya tuh ngajarin kucing buat buang air ke kamar mandi, gak pernah berhasih :i:
    terus paling gak suka sama kutunya,, :n:

    BalasHapus
  2. kutu bisa diobati dg pemberian obat secara rutin. kl soal pup dan pee di kamar mandi mmg butuh latihan, tidak cukup seminggu dua minggu, bisa berbulan-bulan krn kucing terbiasa pup dan pee di pasir atau tanah

    BalasHapus
  3. Betul sekali. Banyak yang enggan karena kotorannya. Kalau saya suka kucing. Soalnya kucing kalau buang poop pasti diluar rumah.

    BalasHapus
  4. soal kotoran, hewan bisa dilatih untuk membiasakan diri buang kotoran pada tempatnya, hanya perlu ketlatenan dan kesabaran dalam membiasakannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer