SAYANG TAK HARUS MILIKI, LET'S CARE

Belakangan ini banyak banget kabar binatang yang terlunta-lunta, jangankan dapat tidur nyenyak makan aja mereka harus mengais-ngais di tempat sampah. Meski saat ini banyak juga komunitas peduli satwa, bukan serta-merta semua masalah teratasi. Seperti kita tahu, tidak semua anggota dalam komunitas peduli satwa ini bisa langsung bergerak bila ada laporan anjing atau kucing untuk direscue. Karenanya kesadaran kita sebagai pribadi juga diperlukan, bukan hanya melapor tapi juga menolong sementara hingga bantuan dari teman-teman komunitas datang.
Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menolong anjing dan kucing liar ini bila kita tidak bisa memeliharanya di rumah. Apalagi mereka-mereka ini sangat mudah dijumpai.

Stray Feeding
Memberi makan pada anjing atau kucing liar di sekitar kita. Tidak harus makanan yang mahal, bisa dengan makanan pada umumnya baik dry food maupun wet food. Letakkan pada tempat dimana mereka sering kita jumpai. Awalnya mungkin mereka akan lari saat melihat kita tapi setelah mereka tahu apa yang kita berikan tidak menutup kemungkinan mereka akan menanti kedatangan kita dan pandangan kasih dengan mata berbinar sebagai tanda terima kasih pada kita. Ini sangat menyenangkan.

Menjadi Sukarelawan di Shelter
Meski tidak banyak, shelter atau rumah singgah yang menampung kucing dan anjing juga ada. Biasanya dikelola oleh komunitas atau individu. Kita bisa berkunjung ke tempat ini untuk membantu mereka baik membersihkan tempatnya atau menyiapkan makanan anak-anak kaki empat di sana, bukan datang untuk menghibahkan kucing atau anjing yang kita karena berbagai alasan. Kedatangan kita ke tempat-tempat seperti ini bisa meringankan kerja pengelola dan memberika support psikologis.

Donasi
Bisa berupa pakan, obat-obatan, pasir, uang maupun perlengkapan lainnya. Donasi bisa diberikan melalui komunitas atau shelter dan rumah singgah baik yang dikelola komunitas maupun individu. Untuk donasi berupa uang bisa juga langsung diberikan saat ada kucing atau anjing rescue yang membutuhkan tindakan medis.
Saat ini di Surabaya banyak komunitas yang peduli pada nasib anjing dan kucing yang kurang beruntung, kita bisa membantu mereka baik tenaga, materi dan uang. Komunitas-komunitas ini antara lain ada Surabaya-Sidoarjo Peduli Kucing Domestik, ada juga Surabaya Animal Care Community, sedangkan untuk shelter yang dikelola individu ada Shelter Rucing BuAgung
Selama kita peduli kita bisa bahu-membahu menolong mereka.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer